Susunan Batu Alam

Batu batuan yang dikenal pada pasaran bahan bagunan adalah:

a). Batu Bata.

Batu bata dibuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar. Dipasaran dikenal dua jenis utama bata merah. Bata merah rakyat yang dibuat dengan cara tradisional dan bata press buatan pabrik.

Batu bata yang baik dapat diketahui dari :

– Permukaan nya kasar

– warnanya merah merata

– bila diketuk, bunyi nya nyaring

– tidak mudah hancur atau patah

– ukuran satu sama lain tidak jauh berbeda, umumnya berkisar di antara 20 x 10 x 5 cm

b). Batako

Batako adalah batu buatan yang tidak melalui proses pembakaran, dibuat dari campuran bahan tras dan kapur (tras=batuan yang diambil dari gunung). Campuran trass dan kapur ini dicetak dan dikeringkan tanpa bakar.

Ukuran Batako umunya lebih besar dari pada bata merah, dan bervariasi antara : 40 x 20 x 20cm atau 40 x 20 x 10cm. Bagian tengah batako ini berlubang 2 atau 3 buah, dimaksudkan untuk mengurangi beratnya sendiri disamping juga berfungsi sebagai isolaso suhu dan suara. Disamping ukuran tersebut diatas, masih banyak lagi variasi ukuran yang bisa didapatkan dipasaran bahan bangunan.

c). Blok Beton (Concrete Blok)

Sering pula disebut “batako semen pasir” atau batako beton, karena memang dibuat dari campuran semen dan abu batu (batuan yang dihaluskan). Ukuran blok beton umumnya sama dengan batako, hanya bentuk blok beton ini dapat berbeda-beda menurut produsen/pabriknya.

Blok beton yang biak mempunyai ukuran unit-unit yang sama, ujung-ujungnya runcing dan tepi-tepinya bersih, tidak ada retak-retak atau cacad lainnya.,

d). Kerawang (Rooster).

Merupakan blok beton atau batu bata merah yang berlubang, berongga, berbagai macam corak, digunakan sebagai ventilasi dinding (wall screen) sekaligus berfungsi pula sebagai hiasan dinding. Ukuran yang ada dipasaran antara lain 20×20 cm, 15×20 cm dan ketebalan rata-rata antara 8 sampai 10 cm.

e). Blok Glass.

Merupakan blok glass dengan corak bermacam-macam, dan berfungsi sebagai penerangan alam melalui dinding. Adanya corak-corak pada permukaan gelas dimaksudkan untuk menghalangi pandangan tembus tanpa menghalangi tembusnya cahaya. Unit blok gelas ini ada masif/padat sisi-sisinya, ada pula yang berlubang-lubang sehingga dapat pula berfungsi untuk ventilasi melalui dinding. Ukuran blok gelas ini umumnya 20×20 cm dengan tebal rata-rata 8-10 cm.

f). Paving Block (conblock).

Konblok merupakan batu buatan yang diproduksi menggunakan press mesin hidraulik berguna untuk landasan jalan, pengganti cor beton atau asfal. Konblok ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dengan kekuatan beton yang berbeda-beda.

Dimensi Block adalah salah satu pabrik paving block berada di bekasi dan tangerang, kami menyediakan berbagai macam produk konblok lengkap dengan spesifikasinya. Selain menjual konblok/paving block kami pun menyediakan jasa pemasangan paving block dari awal sampai finsihing. Untu info lebih lanjut bisa menghubungi kami di 021-51343484.

Terimakasih.

Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga Artikel yang lain nya;

– Cara Mencegah Banjir 

– Pabrik Paving Block Bekasi

– Daftar Harga Paving Block

– Sukses dimasa muda

 

Salam hangat

cropped-DimensiBlock.jpg

Contact to us :