Pengertian Taman Tropis

Pengertian Taman Tropis…   

 

Taman gaya tropis khas Indonesia adalah Taman Bali. Penataan tanaman sebenarnya punya gaya yang sama dengan taman tropis lain yakni acak namun tetap memperhatikan gradasi dan komposisi. Yang membedakan adalah adanya pengaruh pulau Dewata yang nampak jelas. Semisal pemakaian tanaman yang berasal dari bali menjadi salah satu ciri taman ini. Semisal pohon kamboja dan pandan bali.

Kehadiran pernik dan asesoris tradisional terutama patung etnik bali yang sangat khas menjadi juga menjadi  identitas tersendiri yang berbeda dari taman-taman tropis lain .Sehingga tak hanya kesan alami semata yang tertangkap. Namun aroma mistis yang kuat juga terasa di sini. Tak heran kalau taman gaya bali menjadi tren di tanah air bahkan manca negara.

Tekstur kasar

Pemakaian tanaman dengan tekstur kasar dengan bentuk dan ukuran yang beragam memberikan sentuhan yang dinamis. Dipadu dengan jalan  berbahan pecahan batu yang tak beraturan dan di buat dengan jalur berkelok.

Tajuk Bergradasi

Penataan taman bergradasi ala taman tropis dengan tajuk tinggi sebagai background, sementara  tanaman berstrata pendek di depan. Gradasi akan membuat semua tanaman terlihat jelas. Juga membuat taman jadi punya irama.Pot gerabah tradisional berlumut menambah nuansa etnik. Terasa makin bali dengan munculnya pandan bali. Di pilih yang tingginya tak terpaut jauh supaya terjadi sinergi yang mulus.

Kolam khas Bali

Meskipun tak wajib, dalam taman bergaya bali biasanya ada kolam. Asesoris yang ada di kolam biasanya sangat khas semisal pancuran yang mengalir dari patung.Semakin kuat dengan kehadiran kamboja dan pandan bali sebagai di sisi kolam.

Teratai di kolam

Kehadiran tanaman air macam teratai di kolam juga di mungkinkan. Jumlah tanaman cukup banyak dengan daunnya yang terkadang saling tumpang tindih,akan membuat kolam menjadi lebih dinamis dan hidup

Akar sulur eksotik

Tajuk tanaman di biarkan tumbuh ke segala arah seperti kemauan asli tumbuhan. Demikian juga akar yang menjulur dan membelit tak beraturan. Sangat khas susunan tanaman di hutan tropis yang sangat natural.

Patung Mistis

   Hard material berupa patung selalu hadir di taman gaya Bali. Patung tradisional yang di ambil dari budaya hindu yang di anut masyarakat Bali.Selain memperindah, keberadaan patung juga akan membawa suasana mistis.

Kelokan Cantik

Ujung kelokan jalan bisa ‘dimainkan’ dan menjadi bagian yang sangat penting dari keseluruhan taman.Penataan yang pas akan menjadi point of interest. Semisal dengan peletakan pot, gerabah, tanaman berwarna merah mencolok juga rumah lampu yang berbentuk unik dan tradisional.

Aksen warna

Warna yang berbeda dari dominasi warna hijau akan menjadi penengkap pandang yang kuat. Tanaman hias daun warna merah menyala bisa menjadi aksen. Warna solid yang timbul dari kerimbunan daunnya memberi daya tarik yang sangat tinggi.

Bunga Dinamis

Munculnya bunga bunga yang berposisi agak menjulang ke atas di antara kerimbunan dedaunan hijau punya daya tarik sendiri. Sekaligus menjadi pembawa aroma dinamis diantara daun hijau yang agak monoton.

Air Mengalir

Air mancur yang terus mengalir ke kolam akan menimbulkan irama yang mengesankan kedinamisan. Air mancur juga memungkinkan pemakaian elemen keras berbentuk etnik. Semakin eksotis dengan kerimbunan dedaunan yang seolah menyelimuti patung.

Dinding Tradisional

Ornamen ukiran etnik khas Bali yang menghias dinding menjadi bagian  yang akan membangun nuansa spiritrual. Makin terasa kuat dengan keberadaan sepasang patung kepala raksasa yang memancarkan air.

Jalan Setapak Batu Kali

   Batu pijakan yang tak beraturan dan tak seragam,menjadi ciri khas taman tropis. Jalan setapak yang di buat agak lebar akan memberi rasa lapang kala menyusurinya.

Terimakasih

Semoga bermanfaat….

 

 

Salam hangat
dimensi png

Contact to us :