Pengertian Dinding Rumah

Pengertian Dinding Rumah.

Dinding pada rumah berfungsi sebagai pembatas ruangan. Umumnya merupakan dinding permanen yang terbuat dari batu bata, batako, bata ringan atau bahan lain yang sejenis  dan berdiri di atas pondasi. Dinding seperti ini sering disebut pula tembok.1012070_jatibening-4

Disamping diding permanen (tetap) tersebut di atas, ada pula dinding yang terbuat dari rangka kayu atau logam (alumunium) yang diberi lapisan triplek atau bahan lain nya.

Untuk dinding jenis ini, tidak dibutuhkan suatu pondasi khusus seperti dinding tembok yang cukup berat sehingga harus didukung oleh suatu pondasi tersendiri. Dinding seperti ini sering disebut dinding partisi (partition wall).

Umumnyaa yang digunakan pada rumah tinggal adalah tembok permanen, sedangkan dinding partisi lebih sering digunakan pada perkantoran atau bangunan umum lain nya.

Bahan-bahan 

Bahan untuk pembuatan tembok umumnya dibuat dari : Batu alam dan Batu Buatan.

1). Batu Alam

Merupakan batu gunungm batu kali atau batu galian yang telah diolah dan dipotong-potong sehingga mempunyai bentuk tertentu (bulat, persegi atau memanjang). Warna batu ini berbeda-beda menurut asalnya, umumnya kelabu muda, kelabu tua sampai agak kehitam-hitaman. Di pasaran bahan bangunan dapat pula dijumapai batu alam yang berwana kehijau-hijauan, putih atau kuning maupun coklat-merah. Ukuran nya bermacam-macam, mulai sebesar kepala kerbau, sebesar kelapa atau sebesar onde-onde.

2). Batu Buatan

Merupakan batu yang dibuat oleh manusia dengan mencetak bahan-bahan sehingga mempunyai bentuk yang teratur dan dapat disusun berupa dinding.

Semoga bermanfaat.

 

Salam hangat

cropped-DimensiBlock.jpg

 

 

Baca juga artikel yang lain nya:

– Pengertian sumur resapan.

– Cara merawat halaman rumah

–  Pabrik Paving Block

Contact to us :