Pemeliharaan Perkerasan Beton Non Pasir

PEMELIHARAAN PERKERASAN BETON NON-PASIR

Perkerasan jenis ini memerlukan pemeliharaan yang baik (terjadwal), agar sifat permeabilitasnya tetap terjaga. Di beberapa Negara yang telah mengaplikasikan penerapan beton non-pasir untuk perkerasan jalan. Dapat menempuh metode vacuum (4 kali dalam setahun) dan high preasure water flushing (2 kali dalam setahun).
Proses ini dilakukan untuk mengeluarkan atau mengurangi kotoran yang adda di celah-celah pori, frekwensinya harus ditingkatkan jika disekitar perkerasan terjadi banyak timbunan atau deposit yang berpotensi akan menutupi permukaan perkerasan dan apbila terlihat banyak dari dedaunan yang rontok/serpihan pohon.
Sedangkan aktifitas penyemprotan bertekanan tinggi di permukaan perkerasan dimaksudkan untuk membilas kontaminan/bahan polutan agar agar lolos masuk dedalam lapisan pondasi atau tanah dasar dibawahnya. Bila lapisan sub base menjadi jenuh oleh material polutan, hal ini sama sekali tidak mempengaruhi kinerja dari lapisan beton non-pasir diatasnya. Karena material polutan berinflitrasi kelapisan tanah dasar dan akan mengalami penguraian secara biologis.

 

SPESIFIKASI PERKERASAN

Konstruksi lapisan pengerasan jalan dengan sifat permeable terdiri atas bagian sub grade, sub base dan wearming course dari beton nonpasir. Karena standar nasional yang mengatur tentang perkerasan ringan belum tersedia di Indonesia, maka spesifikasi yang ditawarkan disini merupakan hasil adaptasi dari spesifikasi dari Negara lain yang telah secara luar menggunakan beton non –pasir, misalnya Australia dan Amerika serikat atau bedasarkan pengalaman penulis.
Selain itu konstruksi badan jalan,beton-nonpasir dapat diaplikasikan sebagai bahan bahu jalan, seperti diketahui bersama bahwa bahu jalan berfungsi sebagai dukungan lateral terhadap badan jalan, sebagai tempat berhenti semantara kendaraan dan bidang tambahan ditikungan jalan. Karena fungsinya tersebut, sebenarnya bahan materian bahu jalan terbuat daribahan yang stabil menahan beban lalulintas dan gaya lateral serta gerusan air permukaan.

Contact to us :