Mengenai Beton Pabrikasi

Beton Pabrikasi…

 

Beton Pabrikasi terbuat dari material yang mirip beton konvensional ; semen, pasir, kapur, air, dan campuran lainnya. Material tadi dicampur , kemudian dicetak melalui proses produksi yang seluruhnyadilakukan dipabrik. Ada standar ukuran dan kualitas khusus, sehingga beton yang dihasilkan presisi dan seragam kualitasnya.

Ada banyak tipe beton pabrikasi dengan fungsi yang spesifik, Contohnya Beton ringan berbentuk balok untuk pengisi dinding , blok beton untuk kolm, dan blok beton untuk sloof. Blok Beton tersebut ada yang konstruksinya solid, maupun berongga untuk instalasi pipa dan  kabel.

Selain itu ada juga beton berbentuk panel sepanjang 1,5 m – 3 m untuk dinding dan atap yang disebut dengan panel beton / pagar beton. Didalamnya terdapat rangka pembesian yang memperkuat panel beton tersebut.

Cara pasang blok beton atau beton ringan sama seperti memasang dinding bata biasa. Ditumpuk satu persatu dengan susunan berselang-seling. Pengunaan mortar (semen instan) untuk perekat pada blok beton hanya separuh dibandingkan pada abat. Beton ringan cukup diberi lapisan mortar setebal 1cm. untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya gunakan mortar instan khusus untuk perekat beton ringan.

Panel beton lantai dan panel atap dipasang tanpa menggunakan bekisting dan cor. Cukup disusun menumpu pekerjaan jauh lebih cepat selesai dibanding cara konvensional. Untuk panel atap selain di plester lapisan atasnya juga diberi waterproofing untuk mencegah bocor.

Panel Beton dan blok beton untuk dinding dapat diberi finishing plesteimages (4)r tipis setebal 1 cm. Diekspos juga boleh , NAmun perlu diperhatikan untuk dinding luar sebaiknya diplester dan di aci atau diberi coating kedap air agar lebih awet. Di area basah dan lembab misalnya kamar mandi sebaiknya diberi lapisan trasram dari campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1:3.

Beton Pabrikasi memiliki bersat jenis yang jauh lebih ringan dibandingkan bata, atau cor beton konvensional. Artinya beban yang diterima struktur pun lebih ringan. Beton pabrikasi juga cukup baik menghambat panas. Adanya rongga pada blok beton, selain berfungsi sebagai jalur instalasi pipa dan kabel, juga berfungsi sebagai bantalan udara yang menghambat rambatan panas.

Terimakasih

 

 

 

 

 

Baca juga artikel yang lain nya :

– Pengertian Pagar Panel Beton

– Apa itu Precast Concrete Industry

– Pengertian Precast Box Culvert

 

 

 

Salam hangat

dimensi blog

 

 

 

Contact to us :