Jenis-jenis paving block

Jenis-jenis Paving block

Sering sekali kita melihat dan menggunakan kata paving block. Namun apakah kita mengerti apa sebenarnya pengertian dari paving block?

jenis-jenis paving block
Paving Block atau bata beton merupakan salah satu jenis beton non strukltural yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan jalan, pelataran parkir, trotoar, limgkungan taman, dan keperluan lainnya. Bata beton yang digunakan, terbuat dari campuran semen portland dan air serta agregat sebagai bahan pengisi paving block tersebut.
Paving block secara umum,mempunyai 2 macam ketebalan yaitu ada yang tebal 6 cm dan ketebalan 8 cm. Dan seperti bahan material lainnya, semakin tebal paving maka harga pun semakin mahal. Adapun jenis – jenis paving block yang ingin kami sampaikan adalah sebagai berikut.
Paving Type Cacing

Paving type cacing ini juga termasuk paling banyak penggunaaanya dan banyak juga kita temui di sekitar kita, karena bentuknya yang unik dan menarik.Pola pemasangannya hampir sama dengan pola bata, hanya saja tidak dapat di padukan dengan type lain.

Paving type Trihek

Paving trihex merupakan type yang rumit, dalam pemasangannya paving type trihek ini hanya bisa dipasang dengan satu pola saja, selain itu pola yang dapat digunakan yaitu dengan pola warna.Karena kerumitan dan keunikannya, tentu saja harga dari jenis paving block ini bisa dikatakan cukup mahal. Namun hasil dan pemandangannya tentu tidak akan mengecewakan anda.

Paving Type Bata

Paving type ini paling banyak digunakan oleh para pemborong, kontraktor, dan developer lainnya, karna selain mudah dalam pemasangannya, paving type ini merupakan type yang lebih murah dan praktis. Dan kita pun akan lebih banyak melihat paving block type bata dibanding yang lainnya.

Paving Type Exagon Segi Enam

Paving Exagon Segi Enam, bentuknya segi enam dan melingkar, Ditambah dengan banyaknya pola warna, paving ini bisa menambah nilai seni dalam lingkungan. paving type ini sering digunakan pada wilayah pemukiman hijau dan lingkungan pertamanan.

Paving Type Exagon Segi Delapan

Jenis Paving block yang ini bisa disebut jenis yang unik. Paving exagon segi delapan, hampir sama dengan paving segi enam, hanya saja ada penambahan dua sisi pada paving tersebut, sehingga bentuknya polos hampir terlihat seperti lingkaran.Sehingga orang sering kali mengira bahwa ini adalah paving block denga bentuk lingkaran.

Paving Topi Uskup

Paving type ini biasanya hanya digunakan sebagai pengunci dibagian sisi pemasangan paving block type bata. Karena penguncian dengan paving dengan topi uskup ini lebih kuat dibandingkan penguncian secara langsung ( tanpa menggunakan topi uskup). Sehingga jenis paving block ini sering digunakan, akan tetapi hanya dengan kuantitas yang sangat kecil.

Demikian artikel tentang jenis paving block ini, semoga kita semua mendapat manfaat dari artikel ini.

Jenis paving block

Contact to us :