Gaya Gravitasi

   Pernahkah kalian berfikir kenapa kaki kita menjejak tanah saat berjalan? Bahkan ketika kalian meloncat atau melompat tinggi, tetap saja kembali ke tanah. Atau satt kalian melempar sesuatu ke atas, seperti bola, maka benda itu pun akhirnya jatuh ke tanah juga. Kenapa begitu, yaaa???

GAYA GRAVITASI BUMI

Gaya gravitasi bumi adalah gaya tarik menarik antara dua objek. Bumi memiliki gaya tarik, dan benda-benda di atasnya juga punya gaya tarik. Namun, karena ukuran Bumi yang besar, gaya tarik atau gravitasinya pun amat jauh lebih besar dibandingkan dengan benda-benda yang berada di atasnya, seperti manusia, perpohonan, binatang, bangunan, bahkan gunung-gunung. Karena itulah semuanya “ditarik” Bumi.. seolah menempel padanya.

Kalian bisa dibandingkan keadaan ini dengan megnet. Bumi ibarat magnet yang besar sementara benda-benda di atasnya adalah logam yang ukurannya lebih kecil. Tentu saja logam yang kecil-kecil itu akan menempel sepenuhnya pada magnet yang besar. Maka tak heran, semua benda di muka Bumi bila jatuh pasti ke tanah atay di tarik lagi oleh Bumi.

Bayangkan bila tak ada gravitasi Bumi, semua benda akan melayang-melayang lalu menjauh dari Bumi. Udara dan air sebagai sumber kehidupan pun melayang menjauh dari Bumi. Udara dan air sebagai sumber kehidupan pun melayang menjauh dari Bumi. Tak akan ada kehidupan seperti sekarang ini.

 

GAYA GRAVITASI di ALAM SEMESTA.

 

Tak hanya Bumi, benda-benda langit lainnya juga memiliki gaya gravitasi. Matahari, misalanya punya gaya gravitasi yang sangat besar. karena gayabgravitasi yang sangat besar. Karena gaya gravitasi Mataharilah planet-planet yang termasuk dalam Tata Surya tetap pada orbitnya mengelilingi Matahari. Meraka tidak bertebaran ke mana-mana.

Oh iya kenapa planet-planet itu tidak, menempel ke Matahari, ya padahal kan gravitasi Matahari yang sangat besar? Itu disebabkan masing-masing planet juga punya gaya gravitasi yang membuat nya bertahan dan tarikan itu, tepi tetap tak menjauh dari Matahari.

Gravitasi Bumi tak hanya berpengaruh pada benda-benda di atasnya, namun juga pada benda langit lainnya, Yaitu bulan sebagai satelit Bumi. karena gravitasi Bumi, Bulan tak menjauh dari Bumi dan tetap beredar mengelilingi Bumi.

Namun, Bulan pun memiliki gravitasi sehingga ia bertahan dan tidak menempel ke Bumi. Bahkan gravitasi bulan berpengaruh juga pada Bumi. pada saat jarak terdekat Bulan  ke Bumi atau kita melihatnya sebagai bulan penuh atau bulan purnama, gravitasi Bulan bisa menarik air laut ke atas. Itulah yang kita sebut laut sedang pasang naik.

Subhanallah, sesungguhnya Allah menciptakan alam semesta dengan keteraturan. Manusia dituntut untuk memikirkannya hingga bisa menjadi hamba yang semakin memahami ke besaran Allah.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Salam hangat

dimensi png

 

 

 

 

 

Contact to us :