Elemen-elemen yang digunakan dalam Taman Jepang

Berikut adalah elemen-elemen yang digunakan dalam Taman Jepang.

 

1). Batu-batuan.

Baru adalah salah satu elemen utama yang membentuk kerangka dasar dalam pembuatan Taman Jepang. images

Ada 5 bentuk dasar dari batu batuan ini :

* Bentuk Bulat dan Pendek

Berikut ini menyerupai bukit kecil yang landai dengan alas/dasar lebar yang menyatu dengan tanah. Dapat digunakan secara tersendiri atau dapat pula digunakan dalam kelompok untuk menjadikan suatu kesatauan sehingga meyerupai gunung-gunung atau bukit-bukit yang kecil. Bentuk ini melambangkan kedamaian dan perasaan yang halus.

* Bentuk Tinggi 

Jenis batu ini mempunyai ketinggian dua atau tiga kali lebih panjang dari yang sangat besar dapat merupakan suatu titik pusat perhatian.

* Bentuk Rendah

batuan ini mempunyai alas yang lebih besar dari pada tingginya, dengan puncak yang tidak beraturan. Karena bentuk yang rendah dan berat di bawah ini akan memberikan kesan stabil. Bentuk batuan ini biasanya digunakan ditepi kolam. Depat pula digunakan untuk pulau-pulauan yang kecil.

* Bentuk Lempengan

Bentuk ini merupakan bentuk klasik dari batu injakanh yang berupa batu tipis dan lebar, memberi kesan stabil dan menimbulkan perasaan damai. Biasanya diletakan di bawah lentera, di samping teras pintu rumah, atau sebagai dermaga ditepi kolam.

2). Jalan Setapak.

Jalan setapak dapat dibuat dalam berbagai macam cara dan bahan. Hal ini tergantung dari keinginan anda masing-masing.

Misalnya:

* Tanah yang dipadatkan, Cara ini merupakan langkah yang paling mudah, murah, dan sederhana. Tapi bila hujan turun, jalan ini menjadi licin dan berlumpur.

* Gravel, Bila diatur sesuai keinginan, pemasangannya juga tidak terlalu sukar, dan mudah dirawat.

* Batu lempeng, Batu lempeng ini dibuat dari batuan alam, Paving Stone, atau Beton Cetak yang sekarang disebut dengan konblok atau paving block yang banyak dijual dipasaran. Pemasangannya membutuhkan lebih banyak perhatian seperti jarak, dan diatur supaya batuan itu tidak goyah bila diinjak atau di lalui.

* Potongan Kayu, Jalan setapak dengan menggunakan potongan kayu ini biasanya tidak tahan lama, tetepi mempunyai kesan yang lebih indah.

 

3). Lentera

Elemen ini biasanya hanya digunakan sebagai pelengkap pemanis saja. Di letakkan ditepi kolam, dekat basin.

4). Gazebo

Gazebo merupakan rumah-rumahan yang sering digunakan untuk duduk-duduk santai ataupun tempat istirahat. Bahan yang dipakai juga dipilih dari bahan yang alami seperti kayu dolken, bambu dan sebagainya.

5). Jembatan

Jembatan ini digunakan untuk menyeberangi sebuah kolam atau sungai. Bahan yang digunakan bisa berupa batu batu besar, yang mempunyai permukaan rata. Dimasukan kedalam kolam dan disusun seperti batu injakan. Bisa pula berupa jembatan beton yang dibuat melengkung melintasi sungai tadi atau dibuat dari bahan kayu atau bambu.

 

#Semoga Bermanfaat

Salam hangat

DimensiBlock

 

 

 

 

Baca Juga Artikel yang lainnya;

– Cara Menata Lantai 

– Cara Membuat Taman Jepang

– Sepuluh Bangunan Terkokoh di Dunia

– Harga Batu-batuan

Contact to us :