Beton Non Pasir

Beton Non-Pasir

# Apa Itu Beton Non Pasir????

Beton non pasir adalah bentuk sederhana dari beton ringan yang dibuat dengabetonn cara mengurangi penggunaan butiran halus (pasir).beton non pasir dapat dikenal dengan berbagai istilah seperti beton porous, no-fines concrete, premeconcnrete dan perviousconcrete, dengan tidak digunakannya pasir dalam campuran menyebabkan terciptanya rongga antara agregat kasar, distribusi rongga dalam campuran merata dan saling terkoneksi (kadar rongga berkisar antara 12% – 25%) menyebabkan kurangnya kepadatan beton dan permukaan efektif butiran yang harus diselimuti oleh pasta semen, umumnya kebutuhan semen per m³ beton berkisar antara 70-130 kg sehingga berdampak langsung terhadap porsi semen dalam campuran dan menghemat biaya konstruksi. Kelebihan utama dari beton non-pasir ini adalah dapat meredam panas, proses pembuatannya yang cepat,kepadatan yang rendah, porositasnya yang tinggin dan sifat penyusutan yang rendah. Adonan beton non-pasir tidak mudah bersegregasi (karena penggunaan satu jenis /ukuran agregat) oleh sebab itu dapat dapat dituangkan dalam ketinggian.

 

Kepadatan Beton non-pasir tergantung pada gradasi agregat kasar yang digunakan, pada umumnya kepadatan berkisar antara 60% – 75% dari beton normal. Ukuran agregat yang bisa digunakan 10-20 mm, meskipun ukuran yang lebih besar saih juga dapat di gunakan. Penggunaan agregat ringan dapat mempengaruhi kepadatan beton hingga mencapat 70 kg/m³. Beberapa jenis agregat seperti batu pecah, kerikil alami, blast furnace slag (hasil sampingan dalam mengolah logamdalam tanur tegak) dan cliniker (dari bahan tanah liat yang dibakar batu bekah)dapat dibuat bahan penyusun beton non-pasir.

 

Beton non-pasir telah luas di gunakan di berbagai negaradi seluruh dunia. Umumnya diaplikasikan sebagai lahan parkir/area parkir kendaraan, jalur-jalur dengan aktifitas rendah , trotoar serta pemukiman yang berwawasan lingkungan yang sifatnya permeable (meneruskan air).

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

 

 

 

Salam hangat

dimensi png

 

 

Contact to us :